Kenali Apa Itu Urban Farming, Jenis & Metode Penanamannya!

3 min read

Penjelasan lengkap apa itu URBAN FARMING ☑️ jenis jenis , manfaat , cara memulai , tanaman yang cocok dan juga metode urban farming ☑️

Beberapa waktu belakangan, istilah urban farming sedang menjadi trend. Kalau selama ini Anda menganggap pertanian hanya bisa dilakukan di pedesaan dengan lahan yang besar, maka konsep tersebut kini tidak lagi berlaku. Berkat adanya pertanian urban, bercocok tanam kini juga bisa dilakukan di perkotaan yang notabene memiliki lahan terbatas.

Apa Itu Urban Farming

urban farming

Sebelum menerapkan pertanian urban di rumah, Anda harus tahu terlebih dahulu konsep pertanian ini. Urban farming adalah konsep pertanian yang memanfaatkan lahan terbatas di perkotaan mulai dari balkon, lahan pekarangan yang tidak begitu luas, hingga pinggir jalan atau tepian sungai. Lahan-lahan yang terbatas ini kemudian disulap menjadi lebih produktif.

Urban farming bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang hidup di perkotaan untuk tetap bisa berkebun dirumah dengan memanfaatkan lahan yang terbatas. Selain itu, kegiatan berkebun juga tentunya dapat meningkatkan kualitas gaya hidup masyarakat kota yang semakin mengalami penurunan.

Selain dapat menjadikan tubuh berkeringat, hasil panen dari pertanian urban juga bisa dimanfaatkan untuk pasokan sayuran guna dikonsumsi sehari hari.Lalu apa saja manfaat dari berkebun menggunakan metode urban farming ini ? Berikut ulasan lengkapnya.

Manfaat Urban Farming di Perkotaan

metode urban farming

Setelah mengetahui pengertian urban farming, Anda juga harus tahu apa saja manfaat yang bisa didapat dari menerapkan konsep pertanian ini. Karena manfaat-manfaat yang diberikan ini jugalah yang kemudian membuat masyarakat jadi lebih sadar akan lingkungan dan memilih menerapkan metode bertani ini.

  1. Mengurangi Polusi di Perkotaan

Sudah bukan rahasia lagi jika tingkat polusi di kawasan perkotaan semakin tinggi. Tidak adanya ruang terbuka hijau dengan tanaman hijau yang bisa menyerap polusi semakin memperparah keadaan ini.

Inilah manfaat pertama yang bisa didapatkan dari penerapan pertanian urban di perkotaan. Dengan adanya pertanian urban ini, krisis lahan terbuka hijau bisa sedikit terjawab. Dengan begitu wilayah perkotaan yang identik dengan wilayah tercemar polusi pun jadi lebih nyaman untuk ditinggali dan pastinya lebih sehat.

  1. Membantu Menurunkan Suhu Sekitar

Dengan menerapkan metode urban farming di perkotaan, maka tanaman hijau yang bisa ditanam pun semakin meningkat. Hal ini dapat berdampak sangat efektif untuk membantu menurunkan suhu sekitar.

  1. Mengatasi Masalah Keterbatasan Pangan

Jika diterapkan secara konsisten, manfaat urban farming ini tidak hanya bisa mengatasi masalah lingkungan, namun juga masalah sosial. Pertanian urban yang dikembangkan secara konsisten akan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri. Dengan begitu masalah keterbatasan pangan pun bisa diatasi.

Metode Urban Farming yang Sering Digunakan

urban farming adalah

Pertanian urban adalah solusi pertanian untuk mengatasi keterbatasan lahan. Guna mencapai tujuan ini, ada berbagai metode pertanian urban yang bisa diterapkan. Beberapa metode yang paling sering diterapkan di perkotaan diantaranya:

  1. Menggunakan Medium Air

Menanam tidak harus dengan medium tanah. Air adalah salah satu medium yang cukup sering digunakan dalam pertanian urban. Ada berbagai jenis sayuran yang bisa tumbuh dengan medium air ini. Ada seledri, kubis, selada, daun bawang dan sebagainya.

  1. Menaman Vertikal

Metode selanjutnya yang juga sering dimanfaatkan dalam pertanian urban adalah menanam secara vertikal. Metode ini terbukti ampuh mengatasi keterbatasan lahan sekaligus bisa meningkatkan nilai estetika rumah Anda.

Tips Menerapkan Urban Farming

Sumber : channel Intanarusman

Selain mengatasi keterbatasan lahan, metode pertanian urban ini juga bisa menjadi alternatif untuk menghasilkan bahan pangan sehat. Untuk itu, Anda bisa menerapkan tips dan cara memulai urban farming sederhana pada video diatas. Dan ikuti tips berikut ini.

  1. Menyuburkan Tanah secara Alami

Agar hasil tanaman pertanian urban berkualitas baik dan sehat, segala aspek pertanian usahakan menggunakan bahan alami. Contohnya untuk menyuburkan tanah. Anda bisa menggunakan kulit pisang, bubuk kopi hingga cangkang telur.

  1. Pestisida Alami

Selain tanah yang subur, hama juga harus menjadi perhatian. Dibandingkan menggunakan pestisida kimia, Anda bisa memanfaatkan bawang putih dan daun mint. Dua bahab tersebut jika dihaluskan dan dicampur air kemudian dimasukkan ke dalam botol spray bisa Anda manfaatkan sebagai pestisida alami.

Jenis-Jenis Tanaman untuk Urban Farming

Banyak masyarakat yang masih ragu menerapkan konsep pertanian urban ini karena tidak tahu caranya dan tanaman apa saja yang bisa ditanam. Sebenarnya ada banyak jenis tanaman yang bagus untuk pertanian urban, mulai dari tanaman sayur, tanaman obat, umbi-umbian hingga buah-buahan.

Anda bisa menanam tanaman sayur seperti sawi atau bayam. Kebanyakan masyarakat yang menerapkan konsep ini memilih tanaman buah seperti tomat, cabai, atau anggur yang bisa ditanam meski hanya dengan lahan terbatas.

Tanaman herbal seperti jahe, kunyit, laos dan umbi-umbian seperti ubi atau bawang daun juga cocok ditanam menggunakan metode ini. Ini jugalah yang banyak dimanfaatkan pada urban farming Purwakarta.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan dengan Urban Farming

Konsep pertanian urban ini tidak hanya bisa dilakukan dengan menanam tanaman buah dan sayur saja. Masih ada banyak jenis jenis urban farming lainnya yang bisa dilakukan oleh masyarakat di tengah keterbatasan lahan perkotaan.

Konsep pertanian urban juga bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan. Anda bisa beternak, melakukan kegiatan perikanan (aquaculture), hingga holtikultura dan agroforestri. Semua kegiatan ini juga termasuk dalam jenis pertanian urban.

Ragam Informasi Lainnya :
Pengertian Konstruksi Pengertian Stakeholder
Pengertian Drainase Pengertian Vendor

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang pertanian urban yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Dengan informasi ini Anda kini bisa memulai konsep pertanian urban di rumah Anda. Selain bisa mengatasi keterbatasan lahan juga bisa menghasilkan tanaman berkualitas dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page