19+ Jenis Paving Block Texture Beragam Ukuran & Plus Minusnya

5 min read

Kenali 20+ jenis paving block texture terbaik beragam ukuran berikut ini☑️ harga relatif murah☑️ Model paving block yang kekinian❤️

Berbagai jenis material kini memberikan lebih banyak pilihan kepada penggunanya untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Ada material yang dibuat khusus untuk bagian luar bangunan, ada pula yang dibuat khusus untuk bagian dalam.

Seperti misalnya paving block yang memang dibuat khusus untuk bagian luar rumah. Biasanya paving ini digunakan untuk pembuatan jalan atau untuk halaman rumah.

Jenis Paving Block Berdasarkan Model

Jenis paving block selanjutnya dibedakan berdasarkan bentuknya. Berdasarkan bentuk dan juga modelnya, conblock ini dibagi menjadi 8 jenis. Berikut adalah jenis jenis paving berdasarkan bentuknya.

Paving Texture Batu Bata

paving texture bata

Jenis ini berbentuk persegi panjang seperti batu bata. Ukuran paving block ini umumnya adalah 10x21cm dan ketebalan antara 6-10cm. Jenis ini paling sering digunakan, biasanya untuk pelapis jalan di perumahan, gang perkampungan hingga perkantoran.

Kelebihan conblock ini adalah pemasangannya yang relatif mudah, pola yang mudah diatur, serta kekuatannya relatif lebih besar. Selain itu, harganya juga tergolong lebih terjangkau. Untuk jenis ini paving texture model ini umumnya lebih halus.

Paving Texture Hexagonal

paving texture hexagonal

Jenis paving block selanjutnya adalah model hexagonal. Sesuai namanya, jenis ini memiliki bentuk segienam. Bentuknya unik dengan pilihan warna yang bervariasi membuat jenis ini biasanya dikombinasikan untuk menampilkan motif yang lebih unik.

Paving block texture jenis ini juga relatif lebih halus. Karena itu sering dimanfaatkan untuk bagian penutup halaman atau pinggir jalan. Penasaran untuk mencobanya ?

Paving Texture Cacing

paving texture cacing

Jenis selanjutnya adalah conblock model cacing atau disebut juga model zigzag. Jika dibandingkan jenis lain, ukuran paving block ini lebih besar, yaitu berukuran 22.5×11.2cm. Karena itu, biasanya dengan menggunakan jenis ini hanya membutuhkan jumlah block lebih sedikit dalam 1 meternya.

Paving Texture Ubin Kecil

paving texture ubin kecil

Jenis selanjutnya adalah model ubin besar yang berbentuk persegi dengan ukuran paving 10.5×10.5cm. Biasanya jenis conblock ini digunakan untuk melapisi halaman rumah. Teksturnya tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar. Cara pemasangan paving block ini juga lebih mudah.

Paving Texture Ubin Besar

paving texture ubin besar

Jenis conblock selanjutnya adalah model ubin besar. Jenis ini hampir sama dengan jenis sebelumnya namun dengan ukuran lebih besar, yaitu 21x21cm dan ketebalan 6&8 cm.

Jenis ini hampir sama dengan halfpave namun dengan kekuatan lebih besar. Karena itu, penggunaan jenis ini biasanya untuk pelapis pada garasi. Jenis ini tergolong paving texture seamless dengan lubang pori relatif kecil.

Paving Texture Trihex

paving texture trihex

Jenis paving block selanjutnya adalah model trihex atau dikenal dengan nama lain model segitiga. Model ini relatif lebih kuat dibanding jenis lain. Karena itu biasanya digunakan untuk melapisi lapisan trotoar jalan.

Bentuknya yang cukup unik bisa meningkatkan keindahan lapisannya. Ukurannya adalah 19.7×9.6cm dengan ketebalan 6 dan 8cm. Paving block texture jenis ini umunmnya relatif kasar dengan lubang pori yang relatif besar.

Paving Texture Uskup

paving texture uskup

Jenis ini memiliki bentuk seperti topi uskup bersegi 5. Cara pemasangan paving block jenis ini biasanya digunakan sebagai pengunci pada bagian truepave yang dipasang secara zigzag. Selain itu, biasanya jenis ini juga digunakan sebagai pagar tanaman berukuran kecil. Jenis ini umumnya berukuran 30cm dengan tebal 6 dan 8cm.

Paving Texture Ubin Set

paving texture 1 set

Jenis selanjutnya adalah ubin set yang memiliki desain sangat mirip dengan ubin. Jenis ini memiliki warga beragam dan menarik. Karena itu biasanya diaplikasikan di bagian luar rumah yang membuatnya tampak lebih menarik. Paving texture model ini memiliki pori-pori yang tidak begitu besar sehingga tidak mudah menyerap air.

Paving Texture Rumput

paving texture rumput

Jenis terakhir adalah model rumput. Sesuai namanya, jenis ini memilili lubang-lubang kecil yang memungkinkan rumput tumbuh. Karena itulah jenis ini biasa juga disebut dengan paving rumput.

Paving rumput ini dibagi lagi menjadi dua tipe, yaitu tipe L5 dan L8. Kedua tipe ini dibedakan berdasarkan jumlah lubang yang ada pada conblock ini. Tipe L5 memiliki 5 lubang sementara tipe L8 memiliki 8 lubang. Ukuran keduanya juga tentu saja berbeda.

Jenis Paving Berdasarkan Produksi

paving texture 3D
Gambar Paving Texture 3D

Selain dibedakan berdasarkan bentuk dan mutunya seperti yang dijelaskan di atas, jenis conblock juga dibedakan berdasarkan cara pembuatannya. Berikut ini adalah jenis jenis paving yang dikelompokkan berdasarkan cara pembuatannya.

Paving Block Press Manual

Jenis pertama adalah conblock press manual. Dalam pembuatannya, jenis ini tidak menggunakan mesin paving melainkan menggunakan tangan secara manual. Biasanya jenis ini bermutu rendah sehingga harga jualnya juga rendah. Penggunaannya umumnya untuk non-struktural seperti untuk pelapis halaman rumah atau taman.

Paving Block Press Mesin Getar

Jenis selanjutnya adalah conblock press mesin getar. Sesuai namanya, jenis ini dibuat dengan menggunakan mesin paving getar atau vibrasi. Jenis ini biasanya memiliki mutu cukup tinggi, yaitu mulai dari mutu C hingga B. Penggunaannya umumnya untuk pelapis garasi, lahan parkir maupun carport.

Paving Block Mesin Press Hidrolik

Jenis ini adalah jenis yang dibuat dengan mesin cetakan paving hidrolik. Karena dibuat dengan mesin canggih, jenis ini memiliki kualitas tinggi antara mutu B-A. Karena itu penggunaannya juga untuk kebutuhan menahan beban berat besar seperti pembuatan jalan lingkungan, pelataran terminal peti kemas hingga untuk terminal bus.

Jenis Paving Berdasarkan Ketebalan

paving texture

Jenis conblock selanjutnya setelah klasifikasi berdasarkan penggunaan mesin cetakan paving adalah berdasarkan ketebalannya. Berdasarkan ketebalannya, jenis conblock dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

Paving Ketebalan 60mm

Jenis pertama adalah conblock dengan ketebalan 60mm. Dengan ketebalan yang tidak terlalu tebal ini, kekuatan daya tekannya pun tidak terlalu besar. Karena itu penggunaannya biasanya untuk beban ringan, seperti untuk pelapis halaman rumah atau untuk taman.

Paving Ketebalan 80mm

Jenis paving block selanjutnya memiliki ketebalan 80mm. Ini adalah ketebalan menengah dengan daya tahan yang cukup kuat. Digunakan di tempat yang harus menahan beban sedang sampai berat seperti untuk lapisan trotoar pejalan kaki.

Paving Ketebalan 100mm

Terakhir adalah jenis dengan ketebalan 100mm. Ini adalah jenis dengan ketebalan paling tebal. Karena itu, daya tahan tekannya juga paling tinggi. Biasanya digunakan untuk kebutuhan yang membutuhkan beban berat. Misalnya untuk area di terminal bus, jalan lingkungan dan lainnya.

Jenis Paving Blok Berdasarkan Kualitas

paving block

Untuk penggunaan bagian luar bangunan,  paving  stone ini dibuat dengan berbagai jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Jenis-jenis paving blok ini dikelompokkan berbeda berdasarkan beberapa kategori, mulai dari bentuk, cara pembuatan hingga kualitas. Berikut adalah beberapa jenis yang dikelompokkan berdasarkan standar SNI.

Paving Block Mutu Grade A

Jenis paving block ini adalah yang paling baik dengan kekuatan daya tahan sebesar 400kg/cm². Biasanya paving jenis ini banyak digunakan untuk pembangunan jalan umum karena membutuhkan bahan konstruksi yang mampu menahan beban berat di atasnya.

Kelebihan paving stone ini adalah dari segi kekuatan daya tahannya yang cukup besar. Sedangkan kelemahannya adalah dari segi harga. Biasanya jenis paving mutu A ini bisa didapatkan dengan harga cukup tinggi.

Paving Blok Mutu Grade B

Jenis selanjutnya ini adalah paving block yang memiliki daya tekan dengan kekuatan 200kg/cm². Jenis ini juga hampir sama dengan jenis A yang umumnya digunakan pada bagian struktur konstruksi. Biasanya penggunaannya adalah untuk lahan parkir yang membutuhkan daya tekan cukup kuat. Kelebihan dari jenis ini ada pada daya tekan yang cukup kuat.

Paving Block Mutu Grade C

Conblock jenis selanjutnya adalah conblock yang memiliki standae mutu SNI C. Conblock ini memiliki kekuatan daya tekan lebih kecil dibandingkan jenis sebelumnya, yaitu hanya 150kg/cm². Kegunaannya biasanya adalah untuk bagian non-struktural. Biasanya jenis conblock ini termasuk dalam paving texture seamless atau memiliki tekstur halus. Pemanfaatannya  adalah untuk trotoar pejalan kaki yang tidak menahan beban yang cukup berat di atasnya.

Paving Block Mutu Grade D

Jenis paving atau conblock berdasarkan standar mutu SNI terakhir adalah mutu D. Conblock ini memiliki kekuatan tekan terendah dari 3 jenis sebelumnya, yaitu hanya 100kg/cm². Karena kekuatan tekannya relatif rendah, conblock ini juga hanya digunakan untuk non-struktural. Penggunaannya umumnya adalah untuk penutup lahan, baik itu di halaman rumah, taman atau tempat lain yang tidak menanggung beban terlalu berat.

Kelebihan dan Kekurangan Paving Block

paving

Setelah mengetahui berbagai jenis paving block berdasarkan beragam kategorinya, selanjutnya adalah kelebihan dan keunggulan dari penggunaan material ini. Conblock ini banyak dipilih untuk material konstruksi karena menawarkan berbagai keunggulan.

Kelebihan Paving Block

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan paving block yang harus Anda ketahui. Sebelum kita ulas mengenai point point yang merupakan minus paving, sebaiknya teman teman simak dulu 3 point yang merupakan kelebihan dari material ini.

  1. Ramah Lingkungan

Bahan conblock bersifat ramah lingkungan karena jenis material ini memiliki daya serap air lebih tinggi. Hal ini karena material ini memiliki celah-celah kecil yang terbentuk diantara susunannya. Karena sifatnya ini, penggunaan paving dapat menjaga ketersediaan air tanah sehingga bisa turut menjaga keseimbangan lingkungan.

  1. Tampilan Menarik dengan Pemasangan Mudah

Dibandingkan dengan jenis material lain, conblock ini memiliki desain bervariasi dan warna yang beragam. Karena itulah tampilan yang dibentuk nantinya juga lebih menarik. Pemasangan yang mudah memungkinkan Anda membentuk motif yang lebih beragam pula sehingga tampilannya pun akan semakin menarik.

  1. Harga Terjangkau

Kelebihan selanjutnya adalah dari aspek harga. Penggunaan conblock banyak dipilih juga karena harganya yang relatif terjangkau. Selain itu, karena teknik pemasangannya yang mudah juga membuat pengeluaran untuk pemasangan material ini jadi lebih ringan.

Kekurangan Paving Block

Selain keunggulan, pembahasan kelebihan dan kekurangan paving block tidak lengkap tanpa menyebutkan kekurangannya. Berikut adalah beberapa kekurangannya.

  1. Mudah bergelombang

Apabila tidak dipasang pada pondasi atau permukaan tidak cukup kuat atau padat, maka conblock yang dipasang juga akan mudah bergelombang. Karena itu conblock kurang tepat diaplikasikan di daerah dengan permukaan tanah yang tidak rata atau tanahnya tidak padat.

  1. Susunan Mudah Renggang

Kekurangan selanjutnya adalah susunan conblock ini cenderung mudah renggang jika pemasangannya kurang teliti. Karena itu, saat pemasangan harus benar-benar rekat dan dipastikan kecocokan antara satu bagian dengan bagian lain. Dengan begitu, susunan conblock jadi tidak akan mudah renggang dan bergeser.

  1. Kurang Cocok Dipasang di Jalan Raya

Kekurangan selanjutnya dari material ini adalah tidak cocok digunakan untuk pembuatan jalan raya atau jalan protokol yang dilalui kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Hal ini karena konstruksi jalan raya membutuhkan material khusus, tidak seperti conblock. Jika digunakan di jalan raya atau jalan yang dilalui kendaraan dengan kecepatan tinggi, strukturnya akan lebih mudah bergeser dan renggang. Hal ini akan sangat membahayakan.

Ragam Informasi Lainnya :
Roman Keramik Keramik Motif Kayu
Keramik Batu Alam Keramik Lantai
Keramik Teras Keramik Kamar Mandi

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang paving block, mulai dari jenis, hingga kelebihan dan kekurangannya. Dengan informasi ini akan memberikan Anda referensi terbaik dalam memilih material untuk bangunan yang akan Anda buat.

Kata Kunci :

jenis-jenis pavin block

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page