Detail Kuda Kuda Baja Ringan: Rumus & Jarak Pemasangan yang Benar!

4 min read

⏩ Cek detail struktur kuda kuda baja ringan ☑️ dilengkapi rumus menghitung jarak pemasangan kuda kuda baja ringan yang aman dan benar☑️!

Kuda-kuda baja ringan merupakan sesuatu yang penting dalam proses pembangunan. Kuda-kuda berhubungan dengan pemasangan rangka atap yang ada di bagian atas bangunan. Maka menjadi hal penting bagi Anda yang hendak melakukan pembangunan untuk memahami lebih jauh mengenai kuda-kuda tersebut, dan berikut ini akan dijelaskan secara lebih detail.

Struktur Kuda Kuda Baja Ringan

kuda kuda baja ringan

Rangka atap suatu bangunan merupakan posisi atau bagian yang cukup krusial, sebab letaknya yang berada di bagian atas. Adapun rangka atap ini memiliki struktur, di antaranya yaitu kuda-kuda. Adapun setiap struktur juga memiliki fungsi masing-masing. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui detail kuda kuda baja ringan. Berikut ini adalah struktur susunannya yang benar untuk rangka sebuah atap:

  • Top Plate

Yaitu balok-balok beton, maupun kayu yang memiliki fungsi sebagai dudukan dari kuda-kuda yang dibuat sebagai atap. Balok-balok ini akan dipasang di bagian luar bangunan, namun tak menutup kemungkinan untuk dipasang di dalam. Dan ketinggiannya satu sama lain harus sama.

  • Kuda-kuda

Terdiri dari beberapa rangka dari bahan ringan dengan berbagai macam ukuran. Kemudian akan disambung dengan screw SDS. Dan seluruh kuda-kuda ini duduk di atas top plate yang telah dibuat. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran baja ringan yang anda gunakan.

  • Top chord

Merupakan batang yang ada di bagian atas kuda-kuda.

  • Bottom Chord

Profil yang berada di bawah kuda kuda.

  • Srew SDS

Merupakan sekrup yang dipakai untuk menyambungkan Top Chord dengan Bottom Chord.

  • Pengaku/Bracing

Bagian ini sangat dibutuhkan supaya seluruh kuda-kuda bisa bekerja sebagai sebuah sistem rangka atap. Ada banyak bracing, yaitu BC bracing, Diagonal Web Bracing, dan TC Bracing.

  • Reng

Yaitu merupakan baja profil B sebagai dudukan genteng. Atau bisa juga digunakan oleh penutup lain yang akan dipasang melintang di atas TC dengan jarak tertentu. Adapun ukurannya juga disesuaikan dengan penutup atap beserta jarak kuda-kuda.

  • Lisplang

Yaitu papan kayu yang dipasang pada ujung atap. Lisplang ini sebagai pengakhiran atap yang dipasang melintang pada ujung overhag. Kayu yang biasa digunakan adalah kayu yang memiliki kualitas bagus. Jika Anda belum tahu seperti apa Lisplang, Anda bisa melihat gambar kuda kuda baja ringan melalui google.

  • Reng akhir

Merupakan profil B yang memiliki fungsi sebagai penghangat genteng supaya tidak nampak menunduk ke bawah.

Rumus Kuda Kuda Baja Ringan

rumus kuda kuda baja ringan

Ada dua cara untuk menghitung kebutuhan kuda kuda baja ringan. Cara yang pertama ialah melakukan perhitungan menggunakan kalkulator ilmiah, dan cara yang kedua bisa anda lakukan perhitungan secara manual melalui rumus kuda kuda baja ringan.

Pada dasarnya, rumus baku nya sendiri tidak ada, namun anda bisa menggunakan rumus trigonometri (cosinus dan tangen) untuk menghitung kebutuhan pembuatan kuda kuda. Yang wajib anda siapkan terlebih dahulu adalah meteran (alat ukur) guna mengetahui berapa panjang dan lebar atap rumah anda.

Terdapat tiga point utama yang wajib anda perhatikan saat melakukan perhitungan kuda kuda ini. Yang pertama adalah kemiringan atap, kemudian tinggi atap dari permukaan tanah, dan yang terhari adalah Overstek.

Setelah mengetahui nilai dari ketiganya, anda bisa mengimplementasikan pada perhitungan menggunakan rumus kuda kuda baja ringan. Kurang lebih berikut detail rumus disertai contoh soal perhitungannya.

  1. Rumus Kemiringan Atap : ½ x Lebar Bangunan x cos a
  2. Rumus Ketinggian Atap : ½ x lebar bangunan x tan a
  3. Rumus Overstek : Panjang Overstek x cos a

Contoh Soal Menghitung Kuda Kuda Baja ringan

Diketahui :

Pak arsya ingin merenovasi rumah dengan ukuran 8 m x 15 m. Rumah tersebut memiliki sudut kemiringan 30′ dengan jarak antar genteng 0.32 Meter. Nilai panjang overstek pada rumah tersebut adalah 80 cm.

Ditanya :

Berapa kebutuhan kuda kuda baja ringan yang dibutuhkan ?

Jawab :

Untuk membuat kerangka atap baja ringan, perhitungan pertama yang harus dilakukan adalah mengukur nilai ketinggian atap rumah.

TA (tinggi atap) = ½ x 8 m x tan 30 = 4 m x 0.577 = 2.308 m

Setelah nilai ketinggian atap didapatkan, langkah kedua adalah mencari nilai kemiringan dari atap rumah.

KA (Kemiringan Atap) = ½ x 8 m x cos 30 = 4 m x 0.866 = 3.464 m

Kemudian dilanjutkan dengan perhitungan nilai overstek. Diketahui bahwa panjang overstek adalah 80 cm, maka :

OV (overstek) = 80 cm x cos 30 = 80 cm x 0.866 = 69.28 cm = 0.6928 m

Dari hasil perhitungan diatas, didapatkan nilai total panjang adalah 3.464 m + 0,6928 m = 4.1568 m.

Setelah diketahui nilai total panjang dari sisi sayap (4.1568 m) , maka dilanjutkan dengan menghitung Reng genteng atap rumah :

4,1568 m x 0,32 m x 12 = 15,962

Karena sisi atap terdiri dari 2 sayap. Maka nilai dari reng genteng diatas perlu dikalikan 2, Jadi nilai reng genteng atap rumah adalah  15,962 x 2 = 31,924 m.

Perhitungan Beban Mati & Beban Hidup Bangunan

Selain melakukan perhitungan dasar kebutuhan untuk pemasangan konstruksi kuda-kuda baja ringan, anda juga perlu memperhatikan dua aspek lagi yakni beban mati dan beban hidup yang ada pada sebuah bangunan.

Hal ini sangat penting untuk anda perhatikan karena dari kedua aspek inilah kita bisa mengetahui beban maksimum yang harus ditahan sebuah bangunan. Berikut detail definisinya.

1. Beban Hidup (Live Load)

Beban hidup adalah muatan yang penggunaannya tidak permanen, dinamis, dan berubah ubah. Misalkan saja penggunaan furniture furniture rumah. Nilai beban dan juga waktu penggunaan bersifat dinamis dan berubah ubah sesuai keingin si pemilik rumah. Beban hidup yang ditimbulkan oleh furniture ini meliputi percepatan dan juga getaran yang dihasilkan.

2. Beban Mati (Dead Load)

Beban mati atau dead load adalah muatan yang bersifat statis dan tidak berubah ubah nilainya. Contoh dead load adalah komponen komponen yang ada pada pondasi maupun struktur bangunan seperti elemen struktural, partisi non-struktural permanen, dan masih banyak yang lainnya. Untuk menghitung beban mati bisa dilakukan dengan cara menilai berat material dan volume yang ada.

Mengukur Jarak Kuda Kuda Baja Ringan

rumus kuda kuda baja ringan

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengukur jarak kuda-kuda baja ringan. Dan cara-cara menentukannya juga dipengaruhi oleh ketebalan baja ringan, jenis genteng, luas bangunan, dan juga letak geografis dari bangunan.

Menentukan Jarak Melalui Ketebalan & Ukuran Baja Ringan

Contoh ukuran kuda-kudanya yaitu bentang 8 m dan 6 m. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah salah satu contoh cara menentukan jarak dengan melihat pada ketebalan dan ukuran baja ringan:

  1. Apabila memakai material dengan ukuran 0,75 mm, jarak kuda-kudanya yaitu 80 cm – 1,2 m
  2. Apabila memakai material dengan ukuran 1 mm, jarak kuda-kudanya yaitu 1 m – 1,6 m

Menentukan Jarak Melalui Jenis & Ukuran Genteng

Ada banyak jenis genteng, dan untuk lebih jelasnya mengenai ukuran jarak material yang satu ini, Anda bisa melihat gambar detailnya melalui internet, supaya lebih paham dan detail dalam menyusun rangkanya. Sementara untuk menentukan jaraknya, juga perlu melihat jenis genteng yang dipakai di atap, berikut caranya:

  1. Apabila memakai atap dari genteng beton atau tanah atau keramik, maka jaraknya adalah 1,2 m – 1,5 m
  2. Apabila memakai atap dari spandex, genteng metal, atau asbes, maka jaraknya 1,6 m – 1,8 m

Cara Merakit Kuda Kuda Baja Ringan

Sumber Video : Rafdel Channel

Dalam melakukan perakitan, ada hal-hal yang perlu Ada pahami terlebih dahulu. Sebelum memasangnya, Anda harus tahu terlebih dahulu rumus kuda kuda baja ringan yang digunakan dan juga detail material bangunan yang akan anda gunakan ini. Adapun langkah-langkah untuk merakitnya adalah sebagai berikut:

  • Anda harus menyeimbangkan ring balok dan merakit rangka web sesuai dengan cara yang tepat
  • Sambungkanlah rangka web dengan ring balok
  • Lakukan pemasangan siku dan diikuti dengan pemasangan rel
  • Apabila Anda menggunakan genteng tanah liat, maka jangan memasangnya lewat cara menampung di satu sisi, supaya baja tidak rusak.
  • Perhatikanlah jarak yang seharusnya diterapkan dan juga rumusnya.
  • Apabila Anda menggunakan matel, maka lakukan pemotongan di atas
  • Pasanglah talang, nok, dan lisplang. Dan jangan lupa untuk memperhatikan detailnya agar pemasangan berhasil dan berjalan lancar.

Fungsi Kuda Kuda Baja Ringan :

Adapun fungsi dari penggunaan material yang satu ini yaitu sebagai alat penahan yang bisa memberikan pegangan pada setiap sisi. Penggunaan kuda-kuda ini juga terbuat dari bahan berkualitas, sehingga bisa dijadikan sebagai pendukung dari balok bubungan dengan cara memanfaatkan tiang tengah pada kuda kuda.

Selain itu, kuda-kuda ini juga berfungsi sebagai penahan style tarik setiap basic balok. Adapun ukuran yang digunakan untuk kuda kuda  juga sangat bervariasi, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda ketika memanfaatkannya. Salah satu ukuran yang biasa digunakan adalah ukuran bentang 8 m dan 6 m.

Ragam Informasi Lainnya :
Harga Baja Ringan Harga Besi Hollow
Harga Triplek Harga HPL
Besi Siku Harga Besi Beton

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami mengenai kuda-kuda baja ringan. Sebagai seorang kontraktor, Anda harus memahami hal ini, sebab bagian atap merupakan bagian yang cukup krusial dan penting. Sehingga Anda tak boleh mengasal atau sembarangan ketika memasangkan dan menggunakan kuda-kuda tersebut.

Kata Kunci :

Cara mengukur kuda kuda baja ringan,ukuran kuda kuda,gambar kuda kuda baja ringan,gmn cara mengurus pemasangan kuda kuda baja ringan,ukuran web baja ringan,jarak kuda kuda baja ringan,Jarak maksimal bentangan baja ringan,jarak kuda2 baja ringan atap spandek,jarak kuda2 atap spandek,Jarak kuda kuda baja ringan atap genteng tanah,jarak kuda 2 standar pemasangan atap baja ringan,jarak ideal bentangan reng galvalume,jarak ideal antar kuda kuda baja ringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page