25+ Jenis & Harga Batu Alam Dinding 2021 (Disertai Gambar)!

10 min read

⏩ Mengulas 25+ Jenis jenis batu alam dinding disertai CONTOH GAMBAR & Plus Minusnya ☑️ PROMO harga batu alam per meter  termurah☑️

Material yang satu ini beberapa waktu belakangan ini menjadi salah satu material favorit untuk konstruksi. Biasanya berbagai jenis batu ini digunakan untuk melapisi bagian dinding rumah. Dengan pemanfaatan batu ini, maka tampilan rumah akan tampak atau terkesan natural.

Tak hanya itu, penggunaan material ini yang diletakkan sebagai aksen interior juga akan memberikan keunikan tersendiri. Motif batu alam yang beragam akan memberikan semakin banyak pilihan variasi untuk Anda.

Jenis Jenis Batu Alam

batu alam dinding

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangannya, selanjutnya Anda juga harus mengetahui berbagai jenis batu ini. Masing-masing jenis batu ini memiliki karakter berbeda sehingga membutuhkan perlakuan berbeda pula dalam penggunaannya.

Seperti beberapa jenis batu yang sering digunakan untuk lantai batu alam ataupun untuk dinding pada konstruksi rumah minimalis. Berikut ulasan lengkapnya mengenai macam macam batuan alam lengkap dengan gambarnya.

Batu Alam Palimanan

Batu Alam Palimanan

Sesuai namanya, jenis batu palimanan ini hanya diproduksi di daerah Palimanan Cirebon. Jenis ini merupakan jenis batu yang paling difavoritkan oleh pengguna untuk dijadikan material bangunan.

Ciri-cirinya adalah memiliki pori-pori yang relatif lebih besar serta warnanya yang terang. Hal ini membuat batu ini sangat cocok untuk digunakan sebagai material interior atau eksterior.

Namun, karena teksturnya batu yang juga sering disebut dengan batu Cirebon ini membutuhkan perlakuan khusus. Setelah dipasang, batuan oni harus segera diberi coating agar bisa tahan lebih lama.

Batu Andesit

batu andesit

Selanjutnya ada jenis batu alam Andesit. Jenis ini adalah jenis batu yang teksturnya paling keras. Meskipun begitu, batu Andesit memiliki pori kecil sehingga porositasnya juga kecil. Warnanya abu-abu atau kehitaman dan sering digunakan untuk bangunan terutama bagian luar.

Batu Alam Sukabumi

batu alam sukabumi

Sesuai namanya, seperti jenis batu  Cirebon yang berasal dari Cirebon , jenis batu ini berasal dari  Sukabumi. Ciri-cirinya berwarna hijau dan termasuk jenis batu yang langka.

Pemanfaatan batu ini biasanya untuk lantai pada kolam ikan, air mancur atau untuk kolam. Hal ini karena jenis batu ini juga memiliki sifat anti licin, anti air, sejuk serta mengandung senyawa zeoilit yang mampu menjernihkan air.

Batu Alam Candi

batu alam candi

Jenis selanjutnya yang sering dimanfaatkan untuk konstruksi adalah batu Candi. Seperti namanya, batu ini biasanya digunakan untuk pembuatan stupa candi. Sifatnya mudah dibersihkan dan mudah juga menyerap air.

Karena itu, batu ini tidak cocok digunakan untuk bagian eksterior. Jika ingin menggunakannya untuk eksterior Anda harus melakukan proses coating terlebih dahulu untuk menghindari tumbuhnya jamur dan lumut.

Batu Alam Templek

batu alam templek

Jenis batu ini adalah batu yang sering dilihat di bagian luar bangunan rumah. Berasal dari daerah Garut, Salagedang dan Purwakarta membuat motif batu alam dinding templek ini biasanya bervariasi tergantung asalnya. Ciri lainnya adalah teksturnya yang keras dan kasar serta tahan cuaca dan tahan jamur.

Batu Alam Paras Jogja

Batu Alam Paras Jogja

Sama seperti jenis batu Palimanan atau batu Cirebon yang hanya bisa ditemukan di daerah tersebut, batu alam Paras Jogja ini juga hanya bisa ditemukan di daerah Jogja atau Jawa Tengah saja.

Ciri batu ini berwarna putih dengan tekstur yang lunak. Karena sifatnya ini, batu Paras Jogja ini kurang cocok jika dijadikan finishing ataupun diletakkan di bagian luar.

Batu Sabak

batu sabak

Berikutnya adalah batu Sabak. Jenis batu ini bersifat bisa dibelah menjadi bagian lempeng yang lebih tipis. Karena itu jenis batu ini sering digunakan untuk pelapis dinding. Batu ini bersifat lebih kuat sehingga sering digunakan untuk eksterior, baik untuk pilar, kolam ataupun pagar.

Batu Cupang Merah

batu cupang merah

Review selanjutnya adalah batu cupang merah. Batu ini adalah variasi dari batu Palimanan merah terbaru. Cirinya memiliki warna lebih gelap dibandingkan batu Palimanan.

Sifatnya yang bisa memberi kesan hangat membuat batu ini sering diaplikasikan untuk eksterior, lantai rumah atau lantai kolam. Sayangnya batu ini masih sulit ditemukan sehingga harganya lebih mahal.

Batu Koral

batu alam coral

Batu ini adalah jenis yang sering digunakan untuk bagian eksterior, terutama untuk membuat jalan setapak atau untuk membuat lantai. Biasanya penggunaan batu ini dikombinasikan dengan jenis batu lain. Sifatnya tahan panas dan tidak licin.

Batu Bluestone

batu alam bluestone

Batu ini adalah batu impor dengan karakteristik serupa dengan batu templek. Bedanya ada pada pada warna yang relatif lebih terang. Bluestone umumnya berwarna biru gelap dan cenderung lebih mengkilap. Batu jenis ini tidak hanya digunakan untuk bahan konstruksi namun juga diukir dan dijadikan perhiasan.

Batu Alam Marmer

batu alam marmer

Berikutnya ada batu marmer yang juga sering ditemukan pada berbagai konstruksi bangunan. Dibandingkan yang lain batu texture pada marmer ini cenderung halus dengan corak dan warnanya yang bervariasi. Karena itu batu jenis ini biasanya lebih banyak digunakan untuk bagian finishing sehingga bisa menampilkan keindahan bangunan.

Batu Granit

batu alam granit

Batu granit memiliki ciri-ciri berpori-pori kecil dan mudah dibersihkan. Tak hanya itu kelebihan batu alam granit ini ada pada ketahanannya terhadap suhu ekstrem. Karena itu, batu ini biasanya dimanfaatkan untuk bagian luar rumah atau untuk bagian dapur dan kamar mandi.

Batu Kali

batu kali alam

Jenis selanjutnya adalah batu kali. Untuk kebutuhan konstruksi, biasanya batu ini dijadikan sebagai pondasi bangunan karena sifatnya yang kuat dan kokoh. Namun untuk menggunakan batu ini diperlukan peralatan khusus karena saking kuatnya, batu ini relatif sulit dipotong.

Harga Batu Alam Per Meter

harga batu alam

Harga batu alam per meter kisaran harganya berada pada rentang antara Rp. 70.000 sampai Rp. 225.000. Tiap tiap jenis batuan alam tentunya berbeda, entah itu harga batu andesit, candi, cupang merah, dan batu batu lainnya.

Harga ini tentunya disesuaikan pula dengan variasi finishingnya, apakah dengan alur, honed, atau polished. Ketiganya akan memiliki harga tambahan yang berbeda. Selain itu, harga setiap jenisnya juga disesuaikan pula dengan ukuran masing-masing.

Batu alam sebenarnya memiliki banyak jenis, dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Di berbagai daerah, seperti Yogyakarta, Tulungagung, Tasikmalaya, dan juga Purwakarta, batuan alam memiliki kualitas yang beda-beda. Dan tentunya harga batu alam per meter juga beda, disesuaikan dengan kualitas dan jenis batunya.

Adapun beberapa jenis batuan alam yang sering diaplikasikan untuk bangunan, di antaranya adalah batu andesit, batu granit, batu marmer, batu paras, batu templek, batu hijau, batu candi, batu kali, dan jenis bebatuan lainnya. Harganya pun bervariasi, harga batu alam dinding tentu berbeda dengan harga batu alam templek.

Harga Batu Alam Candi

batu alam candi

Batu alam candi merupakan salah satu jenis batu yang cukup menarik, sebab karakternya cukup banyak dikenal oleh masyarakat. Dengan warnanya yang hitam keabu-abuan, dan juga motif-motifnya yang menarik, menjadikan batu ini lebih banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu,  cara pemasangan batuan alam ini juga cukup mudah.

Jenis Ukuran Harga (M2)
Batu Candi RTM 20 x 20 cm Rp. 95.500
Batu Candi Merah 10 x 20 cm Rp. 75.000
Batu Candi Polos 20 x 20  cm Rp. 90.000
Batu Candi Corak 15 x 30  cm Rp. 95.000
Batu Candi Motif 20 x 40  cm Rp. 105.000
Batu Candi Halus 30 x 30 cm Rp. 115.000
Batu Candi Hitam 40 x 40 cm Rp. 145.000
Batu Candi Kasar 30 x 40 cm Rp. 120.000
Batu Candi Abu Abu 30 x 60  cm Rp. 130.000

Harga Batu Alam Andesit

batu andesit

Harga batu alam andesit polos per meter berada pada kisaran 85.000 sampai dengan 180.000. Anda bisa membelinya dengan ukuran tertentu, dan berbeda ukuran tentu juga berbeda harganya.

Kemudian, untuk variasi finishingnya juga berbeda-beda. Harga batu alam andesit dengan variasi alur biasanya akan ditambah dengan 10.000, lalu honed ditambah dengan 25.000, dan polished ditambah dengan 75.000.

Jenis Ukuran Harga (M2)
Batu Andesit Bakar RTM 10 x 10 cm Rp. 75.000
Batu Andesit Bintik Bakar 10 x 20 cm Rp. 85.000
Batu Andesit Halus Bakar 10 x 30 cm Rp. 95.000
Batu Andesit Kasar Bakar 20 x 20 cm Rp. 106.500
Batu Andesit Carport 15 x 30 cm Rp. 105.000
Batu Andesit Bakar  Polos 20 x 40 cm Rp. 115.000
Batu Andesit Susun Sirih 3 x 30 Rp. 71.000
Batu  Andesit Susun 3 x 40 Rp. 81.000
Batu Andesit Sirih 5 x 30 Rp. 66.000
Batu Andesit Sirih Motif 4 x 40 Rp. 76.000
Batu Andesit Bakar Motif 30 x 60 cm Rp. 125.000
Batu Andesit Bintik Bakar 25 x 25 cm Rp. 150.000

Harga Batu Alam Palimanan

Batu Alam Palimanan

Batu alam palimanan biasanya banyak digunakan sebagai bahan bangunan untuk menutupi dinding. Karakter batu palimanan yang keras dengan pori yang rapat, membuat batu ini cocok digunakan sebagai penutup dinding.

Ditambah dengan motif batu palimanan yang juga unik. Harga batu alam jenis ini tentunya cukup terjangkau di kantong anda, dan tentu saja harganya berbeda dengan harga batu alam templek.

Jenis Ukuran Harga (M2)
Batu Palimanan RTA 10 x 10 cm Rp. 80.000
Batu Palimanan RTM 10 x 20 cm Rp. 85.000
Batu Palimanan Ornamen 15 x 15 cm Rp. 90.000
Batu Palimanan Mozaik 20 x 40 cm Rp. 210.000
Batu Palimanan Relief 15 x 30 cm Rp. 95.000
Batu Palimanan Polos 20 x 40 cm Rp. 115.000
Batu Palimanan Motif 40 x 40 cm Rp. 145.000
Batu Palimanan Kasar 15 x 30 cm Rp. 121.000
Batu Palimanan Full Corak 20 x 40 cm Rp. 116.000

Harga Batu Alam Templek

batu alam templek

Untuk jenis batu alam yang satu ini paling terkenal ialah produksi dari 2 kota yakni Batuan alam templek Purwakarta dan juga batu templek dari garut. Biasanya penjual menjual batuan alam jenis ini dengan 2 pilihan. Yang sudah potongan atau ukuran random.

Jenis Ukuran Harga (M2)
Batu Templek Purwakarta 10 x 20 cm Rp. 90.000
Batu Templek Garut 10 x 15 cm Rp. 75.000
Batu Templek Hitam 15 x 30 cm Rp. 95.000
Batu Templek Motif 20 x 40 cm Rp. 100.000
Batu Templek Halus 30 x 30 cm Rp. 101.000
Batu Templek Kasar 10 x 10 cm Rp. 65.000
Batu Templek Hijau 15 x 30 cm Rp. 122.000
Batu Templek Abu Abu 20 x 20 cm Rp. 123.000

Harga Batu Alam Cupang Merah

batu cupang merah

Salah satu batuan alam yang memiliki warna unik adalah batu cupang merah. Dengan nuansa kemerah merahan yang terbentuk oleh proses alam, batu ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk anda aplikasikan pada dinding interior maupun eksterior rumah anda.

Jenis Ukuran Harga (M2)
Batu Cupang Merah Rta 20 x 30 cm Rp. 139.000
Batu Cupang Merah Rtm 20 x 40 cm Rp. 145.000
Batu Cupang Merah Candi 15 x 30 cm Rp. 144.000
Batu Cupang Merah Sirih 30 x 30 cm Rp. 146.000
Batu Cupang Merah Mozaik 20 x 40 cm Rp. 147.000
Batu Cupang Merah Susun Sirih 3 x 30cm Rp. 125.000
Batu Cupang Merah Susun Sirih 3 x 40cm Rp. 130.000
Batu Cupang Merah Susun Sirih 5 x30 cm Rp. 110.000
Batu Cupang Merah Susun Sirih 5 x 40cm Rp. 115.000

Harga Batu Alam Paras Jogja

Batu Alam Paras Jogja

Seperti namanya, batuan alam jenis ini diproduksi di kota Yogayakarta. Dengan ciri khas warna putih dan juga texture halus dan kasar membuat batuan alam ini diminati kalangan masyarakat Indonesia. Batu ini sangat cocok digunakan untuk dinding pagar maupun teras rumah.

Jenis Ukuran Harga (M2)
Batu Paras Jogja 10 x 20 cm Rp. 95.000
Batu Paras RTA 20 x 20  cm Rp. 110.000
Batu Paras Mozaik 15 x 30 cm Rp. 111.000
Batu Paras Motif 20 x 40 cm Rp. 120.000
Batu Paras Kasar 30 x 30 cm Rp. 125.000
Batu Paras Halus 40 x 40  cm Rp. 135.000
Batu Paras Putih 30 x 60 cm Rp. 130.000
Batu Paras RTM 60 x 60 cm Rp. 210.000

Harga Batu Alam Koral

batu alam coral

Batu alam koral merupakan batuan alam berukuran kecil dan reguler yang biasanya penggunaannya dicetak menjadi bentuk persegi maupun persegi panjang. Umumnya batu koral ini digunakan pada lantai carport, taman outdoor dan juga lantai teras rumah minimalis.

Jenis Satuan Harga
Batu Koral Putih Kecil 8 Kg Rp. 36.000
Batu Koral Taman 2.5 Kg Rp. 25.000
Batu Koral Hitam Glossy 1 Kg Rp. 15.000
Batu Koral Aquarium 1 Kg Rp. 13.000
Batu Koral Alor Hitam 1 Kg Rp. 15.500
Batu Koral Kupang 12 Kg Rp. 35.400
Batu Koral Sikat 1 Kg Rp. 17.000
Batu Koral Hitam Kecil 8 Kg Rp. 37.000

Cara Pemasangan Batu Alam Dinding

Sumber Video : Riyan Channel 12

Jika Anda memang menginginkan rumah yang serasi dengan aplikasi batuan alam dinding ini, maka ikutilah tips-tips cara pasang batuan alam dinding yang sudah ada pada video di atas.

Dengan begitu, Anda akan mendapati rumah Anda nampak lebih indah dan alami dengan hiasan interior dari bebatuan alam. Berikut untuk detail langkah langkahnya juga akan saya tuliskan dibawah ini.

  1. Pilih dan seleksi ukuran potongan batuan alam saat anda membelinya. Pastikan sesuai dengan luasan dinding rumah anda.
  2. Rendam terlebih dahulu batuan alam sebelum anda pasang. Hal ini karena pori pori batu ini yang besar dibandingkan keramik ataupun granit.
  3. Buat tekstur kasar pada permukaan dinding anda sebelum ditempel batuan alam supaya semen dapat merekat dengan sempurna.
  4. Siapkan benang dan paku saat pemasangan supaya batuan alam terpasang dengan presisi.
  5. Mulailah pemasangan batu alam dari bawah keatas. Bukan dari atas ke bawah.
  6. Gunakan semen berkualitas, air bersih, dan pasir yang lembut untuk membantu perekatan batuan alam ke dinding rumah anda.
  7. Pastikan adonan semen merata pada semua permukaan batu alam, tidak hanya pada bagian pinggir atau tengahnya saja.
  8. Lakukan Coating saat finishing. Hal ini akan mencegah jamur dan juga warna kusam akibat sering terkena hujan/ sinar matahati.

Tips Memilih Batu Alam yang Tepat

batu alam murah

Dalam pembuatan dekorasi bangunan, batu jenis ini menjadi salah satu batu yang banyak digunakan. Batu ini memang memiliki cukup banyak manfaat bagi manusia. Keunggulan yang memiliki berbagai macam jenis ini pun kemudian banyak digunakan untuk menghias rumah agar suasananya terasa lebih alami.

Ketika Anda hendak mengaplikasikan batuan alam ke interior rumah Anda, perlu diperhatikan beberapa hal. Berikut ini adalah tips memilih batuan alam terbaik :

  1. Perhatikan sifat dari batu yang dipilih

Jadi, batu alam memiliki dua sifat, yaitu nonsolid dan solid. Maka ketika Anda hendak menggunakan batu ini, perhatikan lebih dulu sifatnya. Batu solid lebih kuat dan tidak mudah lumutan.

Sehingga penggunaan batu ini lebih cocok untuk diaplikasikan di rumah bagian luar. Sementara batu nonsolid memiliki karakteristik yang lembut, sehingga lebih cocok untuk diterapkan di dalam ruangan.

  1. Sesuaikan dengan gaya rumah Anda

Tips memilih batuan alam kedua adalah menyesuaikannya dengan gaya rumah Anda. Jika Anda ingin rumah yang nampak rapi dan polos, maka Anda bisa memilih batuan alam yang memiliki batu polos.

Jika rumah Anda bergaya klasik, sebaiknya gunakan batuan alam yang sifatnya elegan dan kokoh, seperti pacitoroso atau paras Jogja. Selain itu, sesuaikan pula harga batuan alam maupun harga couting batuan alam dengan budget yang Anda miliki.

Manfaat Batu Alam

kelebihan batu alam

Seperti yang sudah disebutkan di atas, selain harga batu alam yang terjangkau, batu ini juga memiliki manfaat yang cukup beragam. Beberapa manfaatnya yaitu:

  1. Digunakan sebagai lantai rumah

Batu alam kini banyak dimanfaatkan untuk menjadi lantai dasar rumah. Jenis batu yang cocok dijadikan lantai rumah seperti batu marmer, karena apabila batu marmer dipotong permukaannya akan sangat halus. Dan dengan batu ini, rumah pun akan terkesan mewah dan elegan.

  1. Digunakan sebagai dinding rumah

Selain untuk lantai, batu alam juga digunakan sebagai dinding rumah. Dengan potongan-potongan berbagai bentuk batu alam ini, dinding akan nampak lebih artistik. Sebab motif-motif uniknya akan bercampur.

Jika Anda hendak menerapkannya untuk dinding, tak perlu khawatir, sebab harga batu alam dinding cukup terjangkau. Dan cara pemasangan batu alam di dinding juga sangatlah mudah.

  1. Digunakan sebagai bahan dasar patung

Selanjutnya, batu alam ini juga biasa digunakan oleh para pemahat sebagai bahan dasar untuk membuat patung. Ada banyak patung yang bisa dihasilkan dari batu alam yang memiliki berbagai macam ukuran. Berbagai peninggalan telah membuktikan, bahwa batu alam bisa digunakan untuk membuat patung.

Fungsi Coating Batu Alam

batu alam murah

Sebelumnya sudah dijelaskan pada beberapa poin bahwa ketika menggunakan berbagai jenis batu ini diperlukan proses coating. Apa itu proses coating? Coating adalah pelapisan batuan dengan cairan tertentu.

Untuk mendapatkan hasil coating yang lebih maksimal atau untuk melindungi jenis batu yang digunakan untuk bahan konstruksi agar bisa mendapatkan hasil maksimal. Ada beberapa fungsi proses coating batu  yang bisa Anda dapatkan.

  1. Melindungi dan Melapisi 

Tujuan atau fungsi utama coating pada batu  adalah untuk melindungi dan melapisi batu tersebut. Hal ini karena beberapa jenis batu ini kurang cocok diletakkan di bagian luar ruangan karena lebih mudah berjamur dan berlumut. Karena itu, jika akan digunakan beberapa jenis batuan harus melalui proses coating.

  1. Menegaskan Warna

Fungsi atau tujuan selanjutnya dari coating adalah untuk menegaskan dan menonjolkan warna batu yang digunakan. Beberapa jenis batu memiliki kelebihan berupa warna yang cantik.

Biasanya beberapa jenis batu ini digunakan sebagai hiasan interior ruangan. Untuk itu, dilakukan proses coating agar warnanya lebih dipertegas dan menonjol sehingga keindahan batu bisa lebih tampak.

Kelebihan & Kekurangan Batu Alam

batu alam

Sebelum mempelajari tentang hal-hal lain berkaitan dengan material ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu batu alam dinding. Batuan alam ini adalah batuan yang asalnya dari alam yang penggunaannya bisa untuk menjadi bagian konstruksi bangunan.

Semua batuan yang ditemukan di alam termasuk dalam jenis bebatuan alam, namun tidak semuanya bisa digunakan untuk bahan konstruksi rumah. Biasanya jenis yang digunakan adalah jenis batu yang memiliki karakteristik corak yang bagus serta tekstur yang kuat.

Berikut ini akan dijelaskan lebih lengkap tentang plus minus, jenis, beserta gambar batu alam untuk memudahkan Anda mengenali masing-masing jenisnya yang dijual dipasaran dan umum digunakan.

Kelebihan Batu Alam

kelebihan batu alam

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, batu ini banyak dimanfaatkan untuk konstruksi rumah. Salah satunya adalah digunakan untuk melapisi dinding. Batu alam dinding yang bisa digunakan untuk menghiasi dinding rumah ini pun memiliki motif dan warna yang bervariasi sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk kebutuhan dekorasi rumah penggunaan batuan alam ini juga memiliki kelebihan tersendiri. Berikut adalah beberapa kelebihan yang digunakan untuk dekorasi dinding rumah.

  1. Menghadirkan Kesan Mewah dan Natural

Kelebihan pertama yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan dinding batu alam adalah menghadirkan kesan mewah dan natural. Karena diambil langsung dari alam, nuansa alami itupun akan terbawa pada rumah Anda.

Apalagi jika Anda menerapkan konsep tradisional pada rumah, maka penggunaan batuan alam ini akan menyempurnakan konsep tersebut. Selain bisa anda gunakan juga untuk konsep rumah modern dan minimalis.

  1. Membuat Rumah Lebih Berwarna

Batuan alam ini adalah jenis batuan yang memiliki varian motif serta warna yang sangat bervariasi. Selain harganya yang relatif tidak mahal, pilihan varian coraknya juga sangat beragam.

Banyaknya warna dan motif ini bisa memberikan Anda lebih banyak pilihan pula untuk menempatkan dan mempercantik rumah. Tampilannya juga akan membuat rumah lebih berwarna.

  1. Ukuran Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan batuan alam adalah karena tidak ada ukuran pasti, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini memberi keuntungan karena Anda bisa menggunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah untuk lantai dan juga dinding rumah minimalis anda.

Kekurangan Batu Alam

kekurangan batu alam

Penggunaan material ini untuk kebutuhan konstruksi ternyata tidak hanya memberikan keuntungan. Hal ini juga menyebabkan beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan sebelumnya. Berikut adalah beberapa kekurangan batuan alam untuk digunakan sebagi bahan konstruksi rumah.

  1. Memiliki Pori-Pori Berukuran Besar

Kekurangan pertama yang harus Anda perhatikan adalah bahwa beberapa jenis batu alam texture mengandung pori-pori berukuran besar. Hal ini membuat material ini jadi menyerap air lebih cepat sehingga kemudian membuat material lebih cepat berlumut.

  1. Materialnya Berat

Kekurangan selanjutnya adalah ukurannya yang lebih besar dan bobot yang berat. Hal ini akan sedikit menyulitkan saat proses pengangkutan maupun pemasangan. Karena itu penggunaan batu alam dinding mungkin harus melakukan pertimbangan lebih.

  1. Harganya Lebih Mahal

Meskipun tergolong sebagai jenis material yang bagus, tidak semua orang mampu menggunakan dinding batu alam untuk konstruksi rumah. Hal ini tak lain karena harga yang ditawarkan memang relatif lebih mahal dibandingkan jenis material lain.

Ragam Informasi Lainnya :
Harga Bata Merah Harga Bata Ringan
Ukuran Hebel Ukuran Batu Bata

Demikian tadi penjelasan berbagai hal tentang batu alam lengkap dengan gambar dan jenis jenisnya. Dari penjelasan diatas, Anda kini bisa mengetahui perbedaan masing-masing jenis dan pemanfaatan dari batu yang sedang tren ini.

Material yang berasal dari alam ini sering digunakan sebagai material konstruksi karena sifat yang dimiliki, baik itu dari segi kekuatan maupun keindahan. Apakah Anda berminat menggunakan salah satu diantaranya?

Kata Kunci :

batu alam,batu alam dinding,batu alam untuk dinding,teras rumah batu kali,kualiatas batu alam,jenis batu alam dinding,jenis batu alam,harga pasang dinding batu alam,harga motif batu alam dinding dan pilar,Gamar buat d ngding batu alam,contoh pemasangan variasi batu alam dinding ukuran 10x20,batu dekorasi rumah,batu alam cupang merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page