Atap Baja Ringan : Jenis, Biaya Pasang & Plus Minusnya

7 min read

Bingung cari model atap baja ringan yang murah & hemat biaya? Cek⏩ rincian biaya pasang rangka atap baja ringan & konstruksi yang benar☑️

Atap baja ringan sering kali menjadi pilihan semua orang karena memang memiliki banyak sekali keunikan dalam penggunaannya.  Dalam proses pemasangannya, biasanya mengandalkan berbagai model kerangka yang berbeda-beda karena pilihannya sendiri juga ada beberapa macam.

Rangka atap menggunakan baja ringan ini digunakan sebagai pengganti atap kayu atau besi yang penggunaannya cenderung tidak tahan lama. Terlebih lagi dengan membuat rangka atap dengan material baja ringan akan semakin memudahkan tegangan listrik untuk mengalir.

Konstruksi Atap Baja Ringan

atap baja ringan

Penggunaan baja ringan sebagai material konstruksi pembuatan atap memang bukan hal yang baru lagi. Hal ini untuk menggantikan peran kayu dan juga besi konvensional yang dinilai kurang tahan lama sehingga membutuhkan material yang lebih mendukung.

Konstruksi atap baja ringan sendiri memang tidak terlalu berat bahkan sesuai dengan namanya yang cenderung ringan. Untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda menyimak ulasan berikut ini.

  • Ukuran Rangka Atap

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika ukuran dari baja ringan tidak terlalu berat karena hanya memiliki bobot sekitar 40 kg/m2. Ukuran tersebut memang terbilang lebih ringan jika dibandingkan dengan material konstruksi lainnya.

Namun, meskipun ringan, material ini sudah dikenal sebagai produk yang bermutu tinggi sehingga keberadaannya juga sangat awet dan bertahan lama, bahkan kualitasnya dianggap setara dengan baja konvensional.

  • Kekuatan Rangka Atap

Material satu ini memiliki bobot sekitar 40 kg/m2 dengan kekuatan yang sangat tahan lama karena terbuat dari bahan baku galvalume. Bahan baku tersebut memiliki daya tahan yang lebih unggul dibandingkan bahan kayu.

Konstruksi baja ringan inilah yang banyak menarik para pembeli atau para pekerja karena memang memiliki detail atap baja ringan yang bertekstur keras. Selain itu, dalam proses pewarnaannya juga sangat mudah dan cepat.

Potongan Atap Baja Ringan

potongan atap baja ringan

Terdapat beberapa bentuk potongan atap baja ringan yang bisa dijadikan sebagai inspirasi rumah Anda. Setiap jenis rumah tentunya memiliki bentuk potongan atap yang berbeda-beda meskipun sebagian besar sama tetapi pasti ada yang berbeda.

Hal tersebut biasanya bergantung pada konsep rumah yang dipilih. Untuk itu berikut terdapat beberapa pilihan potongan atap yang bisa diterapkan pada rumah Anda.

  • Clerestory

Potongan atap rumah dengan bentuk Clerestory sangat cocok untuk rumah-rumah yang memiliki konsep modern. Hal ini karena bentuk dari atap baja ringan yang  terlihat cukup mewah dengan desain yang tidak terlalu ramai.

Selain itu, proses perakitan rangka atap baja ringan satu ini juga tidak terlalu ribet sehingga waktu yang dibutuhkan juga relatif singkat. Maka dari itu, jika memang Anda memiliki rumah dengan konsep modern maka bisa memilih untuk menggunakan potongan satu ini.

  • Vaulted Paralel Chor

Inspirasi potongan atap baja ringan satu ini cocok apabila diterapkan pada rumah-rumah dengan konsep minimalis. Hal ini karena bentuk potongannya yang cukup sederhana dan tidak terlalu banyak membutuhkan ruang.

Ukuran yang dibutuhkan tergantung pada luas bangunan yang diinginkan sehingga nanti Anda bisa membeli potongan-potongan yang memang sesuai. Tidak perlu merasa khawatir karena rangka atap baja ringan memang bisa dibeli dalam jumlah satuan.

  • Bowstring

Inspirasi potongan yang selanjutnya adalah berbentuk bowstring dan biasanya cocok digunakan untuk restoran berkelas atau yang sangat mewah. Hal ini karena browstring memiliki bentuk atap baja ringan melingkar yang cukup rumit.

Proses perangkaiannya membutuhkan banyak sekali rangka yang digabung-gabungkan sehingga pemasangannya juga cukup lama. Selain digunakan sebagai atap restoran, potongan bentuk ini juga bisa digunakan pada konstruksi bangunan mewah lainnya.

Jenis/ Model Atap Baja Ringan

model atap baja ringan

Penggunaan atap baja ringan memang sangat banyak jenisnya karena modelnya sendiri memang sudah sangat beraga. Maka tak heran jika banyak yang menggunakan model atap baja ringan sebagai inspirasi pembuatan atap rumah mereka dibandingkan dengan bahan material lainnya.

Hal ini selain karena hasilnya lebih bagus, material ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Berikut ini terdapat beberapa model yang bisa Anda tiru.

  • Rangka Atap Piramid

Model atap baja ringan pyramid sudah sangat familiar di lingkungan masyarakat karena memang sudah banyak sekali orang-orang yang menggunakannya. Proses perangkaian model piramid terbilang lebih sederhana dibandingkan dengan model-model lainnya.

Anda bisa membuat denah atau rancangan gambaranya terlebih dahulu agar nantinya bisa mengetahui berapa jumlah rangka baja yang perlu dibeli.

  • Rangka Atap Persegi/ Persegi Panjang

Selain digunakan sebagai atap rumah utama, material satu ini juga bisa diterapkan pada atap kanopi. Justru proses pembuatannya juga lebih cepat karena proses perancangannya juga sangat mudah karena bentuknya adalah persegi ataupun persegi panjang.

Dalam pemasangannya, hal yang penting untuk diperhatikan adalah bagian kaki atau kuda-kudanya karena harus benar-benar kuat dijadikan sebagai penyangga.

  • Rangka Atap Minimalis

Bentuk satu ini memiliki konsep yang hampir sama seperti model kanopi, yakni sama-sama sederhana dan tidak terlalu banyak detail yang rumit. Hal ini karena konsep minimalis lebih menekankan pada mempersempit ukuran ruangan sehingga tidak perlu terlalu banyak model yang rumit.

Sebagian besar bentuknya mirip seperti bangun segi tiga sehingga tidak terlalu banyak membutuhkan material rangka. Dengan begitu Anda bisa membeli beberapa potongan baja saja.

  • Rangka Atap Limas

Model atap baja ringan yang selanjutnya adalah berbentuk limas. Bentuk limas sendiri sebenarnya sedikit mirip dengan konsep segi tiga, hanya saja memiliki ukuran ruang yang lebih luas.

Proses perakitannya juga membutuhkan material yang cukup banyak dan tentunya sedikit lebih rumit. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir karena harga atap baja ringan sendiri dijual cukup terjangkau dengan kualitas unggulan.

  • Rangka Atap Memusat

Model selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai inspirasi adalah memusat. Dalam hal ini, konsep memusat memiliki arti bahwa rangka-rangka yang dibuat dikumpulkan pada satu titik tertentu.

Model satu ini biasanya diterapkan pada rumah-rumah dengan konsep yang modern karena kesannya memang cukup mewah. Namun, jika memang ingin menggunakan model satu ini Anda harus menggunakan jumlah material yang cukup banyak.

  • Rangka Atap Lingkaran

Atap baja ringan selanjutnya yang bisa dipilih adalah berbentuk lingkaran. Diantara model-model lainnya, lingkaran adalah salah satu yang sangat sulit perakitannya karena memiliki detail rangka atap yang sangat rumit.

Biasanya model-model ini banyak diterapkan pada tempat-tempat seperti restoran atau bangunan-bangunan mewah lainnya. Anda juga bisa menerapkannya pada konsep rumah idaman, tetapi harus memperhitungkan apakah nantinya cocok atau tidak.

Cara Menghitung Biaya Pasang Atap Baja Ringan

rangka atap baja ringan

Cara menghitung biaya pemasangannya sebenarnya cukup mudah asalkan Anda mengetahui semua hal-hal yang perlu dipersiapkan mulai dari pengukurannya hingga apa saja material yang dibutuhkan.

Misalnya saja jika Anda ingin memasang rangka atap, maka pastikan Anda mengetahui harga atap baja ringan sebelum dalam satuan sebelum membelinya. Dalam hal ini, intinya Anda perlu membuat rancangan bangunan secara kasar terlebih dahulu agar bisa memperkirakan ukurannya.

Dari beberapa rincian diatas, dapat kita Tarik kesimpulan untuk rumus cara perhitungan pemasangan atap baja ringan, langkah pertama yang anda harus lakukan ialah mengukur luas atap rumah menggunakan rumus berikut :

“Luas Atap Rumah = Panjang x Lebar : Cosinus derajat kemiringan atap”

“Biaya = (LAR x harga baja ringan per m2) + (LAR x harga penutup atap  per m2)”

Notes : “LAR = Luas Atap Rumah”

Contoh Perhitungan Biaya Pasang Atap Baja Ringan :

Pak arsya yang merupakan salah satu warga perumahan Puri Bunga Estate ingin memasang rangka atap baja ringan menggunakan baja ringan 0.75 untuk hunian type 36. Rumah tersebut memiliki ukuran panjang 10 meter dan lebar 7 meter. Berapa biaya yang dibutuhkan pak arsya untuk membuat atap baja ringan 0.75 ?

Langkah 1 Hitung Luas Atap Rumah (LAR) :

Panjang Lebar Luas (m²) LAR (m²)
10 7 70 79

Langkah 2 Menghitung Biaya Pemasangan :

Luas Atas Rumah (m²) Harga Baja Ringan per m² Harga penutup atap per m² Total Biaya
79 Rp 122.000 Rp 140.000 Rp 20.698.000

Jadi total biaya yang dibutuhkan pak arsya adalah (79 x 122.000 ) + (79 x 140.000) = Rp 20.698.000

Baca Juga : Harga Baja Ringan

Cara Pasang Atap Baja Ringan Murah dan Mudah :

Sumber Video : Master Bangunan

  • Membuat Gambaran Konstruksi

Hal utama yang perlu dilakukan adalah membuat gambaran terkait konstruksi atau bangunan yang ingin dibuat. Dengan begitu dapat diperkirakan ukuran dari luas bangunan atau konstruksi yang ingin Anda bangun.

Pastikan Anda menggambarkannya secara detail agar tidak ada satupun konstruksi bangunan yang tertinggal. Sebab, nantinya hal tersebut pasti akan sangat mempengaruhi hasil penghitungan.

  • Menghitung Luas dengan Rumus

Cara menghitung biaya pemasangan baja ringan yang selanjutnya adalah dengan menghitung luas hasil gambaran menggunakan rumus. Anda bisa menggunakan rumus matematika agar nantinya hasil perhitungan bisa benar-benar valid.

Agar lebih mudah sebenarnya Anda bisa membentuknya dengan menggunakan beberapa bangun ruang seperti balok, jajar genjang, trapesium, dan masih banyak lagi.

  • Mencari Informasi Mengenai Harga & Biaya Pasang

Setelah mengetahui mengenai luas bangunan yang ingin digambar, Anda bisa langsung mencari informasi mengenai harga baja tersebut. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara survey pada tempat-tempat yang memang sudah terkenal menyediakan berbagai material berkualitas agar hasilnya bisa maksimal pada pembangunan konstruksi Anda.

Kelebihan & Kekurangan Atap Baja Ringan

rangka atap baja ringan

Setelah anda memahami serangkaian informasi seputar atap kekinian diatas, kurang lengkap rasanya jika tidak kami paparkan juga mengenai kelebihan/ keunggulan dan juga kekurangan/ kelemahan yang ada atap jenis ini. Untuk lebih jelasnya silahkan teman teman simak liputannya dibawah ini.

Kelebihan Atap Baja Ringan

Sebelum memutuskan untuk menggunakan material ini, Anda tentunya harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan atap jenis ini.

Hal ini sangatlah penting karena Anda perlu juga mengetahui informasi lengkap mengenai material ini agar nantinya tidak salah dalam penerapannya. Kali ini akan dibahas terlebih dahulu mengenai kelebihan dari atap jenis ini.

  • Kekuatan Tegangan Tarik yang Tinggi

Setiap material konstruksi memiliki kekuatan tegangan tarik atau yang biasa diukur dengan Mpa. Material ini memiliki tingkat tegangan tarik yang cukup tinggi, yakni sekitar 550 Mpa, lebih besar jika dibandingkan dengan tegangan tarik dari material lain seperti baja.

Kekuatan tegangan tarik akan sangat mempengaruhi penyerapan energi yang bisa dilakukan. Maka tak heran jika material satu ini memiliki tingkat penyerapan energi yang cukup tinggi.

  • Pemasangan Sangat Efisien

Keistimewaan dari material ini terletak pada bobotnya yang begitu ringan sehingga akan mempengaruhi tingkat kemudahan pemasangannya. Selain keistimewaan tersebut, material ini termasuk dalam bahan konstruksi yang memiliki sistem sambungan sederhana dan tidak terlalu rumit.

Dengan begitu, waktu untuk pemasangan yang dibutuhkan tidak terlalu lama dan pastinya biaya operasionalnya juga lebih bisa dihemat.

  • Bentuknya Bervariasi

Rangka atap dari material ini memiliki bentuk yang bervariasi sehingga Anda bisa lebih mudah dalam perakitannya. Yang terpenting Anda perlu mempertimbangkan beban yang akan ditumpu oleh rangka tersebut maka pastikan jika sudah memperhitungkan segalanya.

Jika ingin aman, sebenarnya bisa membuat jarak yang lumayan jauh antar setiap perakitan. Hal ini akan cukup berpengaruh besar terhadap hasil yang diinginkan.

  • Anti Karat dan Tahan Lama

Kelebihan yang paling menonjol dari material satu ini adalah bahannya yang unggul sehingga tidak menimbulkan adanya karatan pada setiap sudutnya, bahkan meskipun mendapat banyak rintangan seperti misalnya cuaca yang ekstrim.

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi para penggunanya karena sama artinya dengan memiliki produk yang tahan lama. Dengan begitu Anda tidak akan terlalu banyak mengeluarkan anggaran untuk pembuatan atap yang baru.

Kekurangan Atap Baja Ringan

detail atap baja ringan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan atap jenis ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Setelah dijelaskan mengenai kelebihannya, kini saatnya Anda mengetahui beberapa kekurangganya karena pada dasarnya tidak ada material konstruksi yang benar-benar sempurna, pasti ada kekurangan di dalamnya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak beberapa ulasan berikut ini.

  • Kurang Fleksibel

Meskipun detail atap jenis ini cukup bervariasi, tetap saja pada profil rumah tertentu terkadang tidak bisa diterapkan. Hal ini karena faktor tingkat kelenturannya yang cukup rendah meski faktanya bobotnya cukup ringan.

Contohnya saja pada rumah-rumah yang memiliki posisi kurang strategis atau terlalu berdekatan dengan rumah lainnya, atau mungkin jenis-jenis rumah susun akan cukup kesulitan apabila menggunakan material satu ini.

  • Proses Pembuatannya Tidak Ramah Lingkungan

Apabila ditelisik lebih lanjut, sebenarnya material ini dibuat dengan proses yang kurang ramah lingkungan. Hal ini juga berpengaruh pada penggunaanya yang cukup banyak menimbulkan sisa material berupa potongan.

Hal ini sedikit berbeda dengan kayu yang cenderung menggunakan bahan-bahan yang organik. Namun, Anda tetap bisa menggunakan material satu ini apabila memang menginginkannya.

  • Membutuhkan Proses Penghitungan Matang

Material ini memang dilengkapi dengan struktur jaringan sehingga dalam proses perakitannya harus melalui proses penghitungan yang sangat matang. Orang yang merakitnya juga dituntut untuk memiliki keahlian serta kesabaran yang tinggi karena jika sampai terdapat kesalahan bisa mempengaruhi hasil akhir dari bangunan tersebut.

Ragam Informasi Lainnya :
Atap Polycarbonate Atap Galvalum
Atap Spandek Plafon Minimalis

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai informasi lengkap atap baja ringan mulai dari detail hingga kelebihan dan kekurangannya. Setelah mengetahui beberapa informasi tersebut, Anda mungkin sudah tidak ragu lagi dalam memilih material satu ini. Yang terpenting pastikan untuk membuat rancangan kerangka atap yang bagus agar hasilnya bisa maksimal.

Kata Kunci :

rangka atap baja ringan,rangka atap baja ringan language:id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page